Pendahuluan: Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia
Tokoraja.id – Pada arikel kali ini Mimin akan membahas tentang Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia. Teknologi sangat membantu orang khusus untuk mengefektifkan waktu kehidupan saat ini. Ellul dalam (Miarso, 2007) menjelaskan bahwa teknologi adalah metode yang mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam semua pandangan kegiatan orang. Efisiensi ini bisa digunakan saat ini, misalnya saat melakukan pembelian.
Saat ini, belanja online sangat populer di kalangan masyarakat modern. Sampai pada sang kakek yang kecanduan menggunakan smartphone. Oleh karena itu, keamanan menjadi faktor terpenting dalam memilih pasar agar data pribadi tidak hilang saat bertransaksi.
Berikut Beberapa Jenis E-Commerce, Antara lain:
E-Commerce dari Orang ke Orang (C2C)
Dalam e-commerce jenis ini, pembeli dan penjual sama-sama konsumen. Misalnya, pelanggan suatu perusahaan akan membeli lebih banyak produk perusahaan tersebut dari pelanggan lain.
Business To Consumer (B2C)
Jika Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan situs serupa lainnya, itulah yang disebut dengan e-commerce business-to-consumer (B2C).
Belanja Online dari Bisnis ke Bisnis (B2B)
Jenis bisnis ini dilakukan oleh orang-orang atau kelompok yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Keduanya sangat pandai menjelaskan dan memahami cara kerja bisnis.
Beberapa Fitur yang Penting untuk E-Commerce:
Keranjang Belanja
Keranjang belanja atau keranjang itu jadi si tamu bisa melihat apa yang bisa ia dapat. Seperti bisa menambah atau mengurangi barang belanjaan dia.
Tetap Pakai Tutupnya
Nota pengiriman ini hanyalah satu nota, ini bukan nota fisik, melainkan nota digital. Di kupon itu ada kode, dan dia bisa menggunakan diskon atau promo yang ada di Online Shop itu. Dan kupon belanja ini bisa menarik perhatian orang untuk memperbaiki Online Shop ini.
Fitur untuk Kiriman
Apa fitur pengirimannya? Dengan cara ini, pelanggan dapat mengetahui biaya pengiriman dari berbagai daerah atau bahkan melihat barang yang dibelinya dari toko online tersebut.
Chat Online
Sebenarnya sangat penting karena di chat online ini, kenapa? Karena setiap pengguna atau pelanggan bisa menanyakan apa saja yang tersedia di toko online tersebut, seperti harga, penjualan, dan apakah barang tersebut tersedia atau tidak.
Beberapa Fitur yang Penting untuk E-Commerce :
Apakah ada email yang keluar ? Kita tidak perlu membalas email satu satu karena newsletter ini. Tulis satu email, lalu tulis email lainnya, lalu email lainnya, dan seterusnya. Jadi, untuk buletin kali ini, kami telah menyisihkan waktu untuk mengirimkan promosi kepada orang-orang yang bergabung di website kami.
Menghubungkan Melalui Media Sosial
Menghubungkan melalui media sosial sehingga pengunjung dapat login ke toko online kita tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Tapi dia bisa masuk dengan Facebook, Instagram, atau situs media sosial lainnya. Begitu dia login, dia terdaftar sebagai anggota Toko Online Kita.
Penerbitan otomatis berarti setelah Anda menambahkan produk ke situs web Anda
Produk tersebut akan secara otomatis di posting di situs media sosial yang Anda pilih, seperti Facebook, Instagram, Google+, dan lainnya.
Member Area
Ini penting agar pelanggan dia dapat melihat apa yang telah mereka beli dari history-history barang belanjaannya. Dari status pesanannya, dia bisa melihat, seperti status pemrosesan. Dia bisa jadi pembayaran tertunda. Jika kamu mau untuk melihat apakah pembayaran Anda masih berjalan atau sudah selesai, Anda dapat melakukannya langsung di member area. Google Analytics sangat penting karena telah digunakan oleh hampir semua toko online dan website ternama. Di Google Analytics ini, kita dapat melacak pengunjung pada satu halaman dan melihat berapa banyak pengunjung pada hari tertentu.
Penutup: Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia
Di era digital ini, pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah menimbulkan permasalahan yang tidak dapat terselesaikan. Di bagian bawah, peluang baru telah terbuka, memberikan kesempatan kepada pemilik bisnis dan konsumen untuk memasuki dunia perjudian yang lebih besar dan menarik.
Bagi pemilik bisnis, e-commerce membuka peluang untuk berjualan di pasar yang lebih besar, menghindari hambatan geografis, dan terhubung dengan pelanggan. Layanan dan belanja online yang baik menjadi daya tarik terkenal bagi konsumen, membantu mereka beralih ke platform digital.
RELATED POSTS
View all