Toko Raja ID

E-Commerce Terbesar Di Indonesia

Mei 11, 2024 | by Minim Tokoraja

E-Commerce Terbesar Di Indonesia

Pendahuluan: E-Commerce Terbesar Di Indonesia

Tokoraja.id – Yuk simak artikel berikut supaya kalian mengetahui perkembangan beberapa e-commerce di Indonesia dan apa saja E-Commerce terbesar di Indonesia. Saya pikir pertanyaan ini telah ditentukan sebelumnya. Tentu saja, kelihatannya bagus kalau rahangnya tertutup. Masyarakat di Indonesia juga semakin banyak yang membeli barang secara online setiap tahunnya. Jika Anda memiliki bisnis, cara terbaik untuk menghasilkan lebih banyak uang adalah dengan menjual produk di situs e-Commerce yang mungkin diinginkan orang.​​​​

E-Commerce akan menjadi tren yang terus berlangsung di masa pandemi dan akan bertahan di kondisi baru. Jika Anda belum tahu, eCommerce adalah singkatan dari “Electronic Commerce”. Ini adalah toko online tempat Anda dapat membeli dan menjual barang, tetapi Anda harus melakukannya melalui internet.​​

Kita semua tahu bahwa eCommerce adalah cara berbelanja online.​ Anda juga dapat menggunakannya untuk memulai bisnis online Anda sendiri. Kenapa ini? Karena e-Commerce bukan hanya untuk perusahaan besar, itu juga untuk masyarakat dan UMKM. Anda dapat membuka toko di Tokopedia dan menjual barang-barang seperti telepon prabayar teman Anda karena Anda baru saja mendapatkan yang baru.​ Jika hal ini terjadi, maka dapat menurunkan harga pembeli dan juga menurunkan tingkat penipuan.

Inilah cara membeli barang secara online melalui toko e-Commerce menggunakan rekening bank atau rekening bersama. ​​​ Orang yang ingin membeli sesuatu akan menggunakan e-Commerce untuk membayarnya.​​ Jika pembeli sudah memiliki barangnya, e-Commerce akan mengirimkan uangnya ke penjual.​​

Pelajari lebih lanjut tentang pertumbuhan e-Commerce di Indonesia dari tahun ke tahun sebelum Anda mengetahui tentang perusahaan eCommerce terbesar di negara ini.

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Maraknya belanja online di Indonesia tidak berhenti di Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.​ Tahun pertama acara ini dan tahun pertama Traveloka dan idEA sama – sama terjadi pada tahun 2012.

Grup Lazada datang ke Indonesia tahun ini, dan Zalora, yang dimulai pada tahun 2014, menjadi toko terbesar di sana. Tokopedia menginjak usia satu tahun pada tahun 2014. Pada tahun itu, lebih dari $100 juta dimasukkan ke Tokopedia. Telkom menutup blanja.com karena hal ini. OLX Indonesia terbentuk dari penggabungan Tokobagus dan Berniaga.

Cabang shopee di indonesia dibuka pada tahun 2015. Shopee juga mulai mengadakan penjualan pada tahun itu, yang membantu menurunkan harga barang dengan sangat cepat. Setelah itu, Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 dari pemerintah menetapkan Peta Jalan Sistem Perdagangan Elektronik Nasional (Road Map eCommerce) tahun 2017–2019.​​​

Hingga tahun 2019, e-Commerce di Indonesia jauh lebih kecil. Kini bukalapak sedang melakukan PHK massal karyawannya.

Artinya, tahun 2020 akan menjadi tahun besar bagi orang-orang yang bekerja di bidang eCommerce. Dan inilah wabah yang dimulai, dan orang-orang memanfaatkannya untuk menghabiskan lebih banyak waktu online.​

Berikut Beberapa E-Commerce Terbesar di Indonesia:

Di Indonesia, pertumbuhan e-Commerce adalah hal yang paling penting. Sekitar 2,36 miliar orang, termasuk masyarakat di Indonesia, melakukan belanja online. Lalu, manakah toko online terbesar di Indonesia ? Hai, yang di sana!

Shopee Indonesia

Salah satu toko online terbesar di Indonesia adalah Shopee. Shopee kini dibuka di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Thailand, serta Indonesia. Memang benar ada 237.000.000 orang yang mengunjungi Shopee setiap bulannya.

Tokopedia

Terkenal di Indonesia karena merupakan salah satu dari dua web toko terbesar di sana.​​ Jumlah total penduduk yang hidup mencapai 88.900.000 per tahun.​​​​​ Produk anak bangsa Tokopedia membantu orang dan bisnis berjualan dan mengelola toko online dengan mudah. Softbank Japan dan Sequoia Capital kini telah memberikan lebih dari $100 juta kepada perusahaan yang menjalankan Tokopedia.

Lazada Indonesia

Terlihat jelas bahwa Lazada merupakan toko online terpopuler ketiga di Indonesia, dengan pengunjung 47.690.000 setiap bulannya. Rocket Internet memulai Lazada pada tahun 2011, namun Alibaba membelinya dan mulai menjalankannya di Asia Tenggara pada tahun 2016.

Blibli 

Blibli meraih gelar e-Commerce terbesar keempat di Indonesia Blibli tidak hanya menjual barang-barang seperti gadget, pakaian, produk kesehatan, kosmetik, dan mobil, tetapi juga menawarkan promo, kupon, dan diskon. Diketahui rata-rata 28.890.000 orang mengunjungi Blibli setiap bulannya pada tahun 2023.

Bukalapak

Bukalapak adalah toko online terbesar kelima di Indonesia. ​ Lebih buruk lagi, bisnis tersebut dapat memberikan uang tambahan kepada pelanggan untuk membantu mereka.

Selain itu, Bukalapak menyediakan platform untuk orang dan brand yang ingin berjualan online. Semua orang tahu bahwa 11.200.000 orang mengunjungi Bukalapak setiap bulannya. Perusahaan ini merupakan salah satu dari lima perusahaan terbesar di Indonesia dalam hal belanja online. Malaysia juga memiliki berbagai macam toko online, seperti KlikIndomaret, Sociolla, Bhinneka, Matahari, Berrybenka, Ralali, dan masih banyak lagi.

Penutup: E-Commerce Terbesar Di Indonesia

E-Commerce bukan satu-satunya hal yang harus Anda ketahui, e-Commerce Enabler dan STORE2GO adalah dua lainnya. Tugas e-Commerce Enabler adalah membantu pasar menghasilkan lebih banyak penjualan dengan menangani pesanan, iklan, pertumbuhan produk, dan layanan pelanggan untuk admin.​ Gunakan layanan STORE2GO e-Commerce Enabler untuk membantu perusahaan Anda menjual lebih banyak.

E-commerce di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan memberikan manfaat bagi semua pihak. Dengan kerja sama dan komitmen dari semua pihak, e-commerce dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

RELATED POSTS

View all

view all