Toko Raja ID

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Juni 6, 2024 | by Minim Tokoraja

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Pendahuluan: Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Tokoraja.id – Kata “peralatan” dan “persediaan” digunakan di​dalam akuntansi untuk membicarakan dua hal penting. Namun masih banyak orang yang percaya bahwa perlengkapan dan peralatan adalah hal yang sama. Faktanya sebenarnya, mereka adalah dua hal yang terpisah hal berarti yang memiliki arti berbeda. Lalu, dalam akuntansi, apa Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan? Bacalah artikel ini untuk mengetahui maksudnya

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan

Kata peralatan dalam bahasa Inggris. Sebaliknya, dalam akuntansi, peralatan dapat berarti benda atau tempat yang digunakan bisnis untuk melakukan pekerjaannya. Berbeda dengan alat lainnya, yang ini alat berlangsung tahan lama. Beberapa contoh alat adalah perabot kantor, komputer atau laptop, mesin produksi, kendaraan kantor, dan barang yang Anda gunakan sehari-hari di tempat seperti gudang dan gedung perusahaan.

Jenis perlengkapan: 

Peralatan itu sendiri terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan ukurannya. Berikut beberapa detail mengenai kedua jenis peralatan tersebut:

Peralatan Besar

Dalam pencatatan keuangan, memasukkan banyak uang ke dalam aset tetap, seperti peralatan. Artinya, jika kamu membeli banyak ​​alat, Anda perlu mengetahui berapa biaya penggantian seiring waktu. Peralatan dalam jumlah besar kuantitas, ada banyak hal yang barang yang bisa terjual lagi, sehingga memberi jalan perusahaan untuk menghasilkan uang. Beberapa sedikit contoh peralatan besar adalah komputer, jalur perakitan, lemari, loker, contoh dari, gedung, dan sebagainya.

Peralatan Kecil

Peralatan kecil berbeda dengan peralatan besar karena terlihat kecil dan tidak laku saat menjualnya. Jadi, perusahaan memiliki perusahaan alat -alat memiliki bukan sebagai aset melainkan sebagai perlengkapan pendukung. Dalam akuntansi, menganggap peralatan sebagai aset tetap yang akan kehilangan nilainya seiring berjalannya waktu. Bisa berupa menjadi peralatan kecil potongan-potongan kecil kabel USB, obeng, kunci, jam dinding, dan sebagainya. Peralatan seperti kabel USB, obeng, kunci, jam dinding, dan sebagainya.

Fitur Karakteristik Peralatan

Dari segi dari beberapa sifat dandan peralatan, seperti:

  • Memiliki Biaya Penyusutan.
  • Bagus untuk waktu yang lama.
  • Ada nilainya jika menjualnya Kembali.
  • Mereka biasanya berukuran besar dan mempunyai peran vital  dalam kelangsungan bisnis.
  • Membutuhkan energi untuk dijalankan, seperti bahan bakar atau tenaga.

Apa Itu Persediaan?

Seperti namanya, persediaan adalah hal-hal yang perusahaan butuhkan agar bisnisnya tetap berjalan. Dalam akuntansi, sumber daya adalah hal-hal yang suatu bisnis miliki dan dapat menggunakan berulang kali.

Meskipun bisa menggunakannya lebih dari satu kali, bahan hanya bertahan sebentar dan akan habis jika terus menggunakannya. Hal-hal yang biasanya berakhir pada materi adalah hal-hal kecil yang penting bagi operasional bisnis.

Jenis Persediaan

Perlengkapan terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan kegunaannya: perlengkapan kantor dan perlengkapan tempat kerja.

Perlengkapan Kantor

Peralatan kantor adalah segala sesuatu yang Anda perlu melakukan pekerjaan di kantor. Dalam akuntansi, semua peralatan kantor membutuhkan harus mencatatnya secara lengkap dan benar. Untuk pikirkan itu, tambahkan nilai saldo awal ke nilai pembelian, lalu kurangi jumlah stok yang masih ada. Beberapa contoh perlengkapan kantor​ adalah pensil, kertas, tinta, penghapus, dan berbagai macam adalah tulis.

Peralatan pabrik 

Dalam suatu bisnis, peralatan pabrik, peralatan adalah segala jenis perkakas yang orang biasa gunakan untuk melakukan pekerjaan di pabrik. Peralatan pabrik perlu mencatatnya secara lengkap dan benar, seperti halnya peralatan kantor.

Selain tambahan catatan, seluruh peralatan pabrik perlu menghitungnya secara fisik. Namun terkadang perusahaan memasukkan terlalu banyak peralatan ke pabrik mereka. Artinya harga peralatan​​​​​ tersebut ditambahkan adalah harga pokok penjualan untuk setiap jenis unit output.​​​​​​

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Sederhananya meletakkan, persediaan sementara sama saja dengan perkakas. Perusahaan kebutuhan perusahaan kedua hal keduanya ​dalam jumlah yang sama. Di antara perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

  • Kalau bicara biaya penyusutan, satu-satunya yang tidak ada barang sementara.​
  • Peralatan tersebut dapat menggunakannya untuk​ waktu yang lama, atau minimal satu tahun. Sedangkan barang sementara hanya dapat menggunakannya paling lama satu tahun.
  • Dalam hal menjualnya kembali, peralatan mempunyai nilai sehingga dapat menjualnya kembali. Namun barang sementara tidak dapat menjualnya kembali.
  • Harga harga perlengkapan nya lumayan mahal karena biasanya besar, tapi harga barang sementara cukup murah karena ukurannya kecil.
  • Terkait listrik, peralatan memerlukan listrik dan bahan bakar agar dapat berfungsi, listrik,sumber sementara tidak.
  • Dilihat dari dari peranannya dalam produksi, peralatan merupakan alat utama yang membantu proses produksi dan hanya digunakan sebentar untuk menunjang kegiatan produksi.
  • Untuk membuat laporan, peralatan diberi label sebagai aset tetap danaset jangka pendekdan barang jangka pendek tidak diberi label sebagai aset lancar.

Nah itulah alasan alasan dan perbedaan antara perlengkapan. Penelitian ini belajar seharusnya membantu Anda membedakan kedua hal ini.​​​

Penutup: Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan

Dengan memahami Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan, Anda dapat memilih benda yang tepat sesuai kebutuhan dan mencegah kerusakan. Lebih dari itu, pengetahuan inti dapat membantu Anda dalam berbagai situasi, seperti ketika Anda dalam berbagai situasi, seperti saat Anda memutuskan apa yang akan dikemas untuk perjalanan, pindahan, atau bahkan mengelola sebuah proyek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Terimakasih!!

RELATED POSTS

View all

view all