Pendahuluan: Dampak Positif E-Commerce
Tokoraja.id – Elektronik Commerce atau e-commerce, telah mengubah cara kita membeli barang dan berbisnis. Dengan pertumbuhan teknologi dan internet, e-commerce telah menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun e-commerce memiliki banyak manfaat bagi pelanggan dan bisnis, e-commerce juga memiliki beberapa masalah yang perlu didiskusikan secara pribadi. Artikel ini akan membahas tentang dampak positif e-commerce terhadap bisnis dan kehidupan sehari-hari. Yuk simak bareng-bareng artikel berikut!
Jika Anda ingin lebih yakin bahwa pertumbuhan e-commerce akan baik, bacalah beberapa keuntungan yang ditawarkan bisnis e-commerce di bawah ini.
Jangkauan Pasar lebih Luas
Selama ada gadget, komputer, dan akses internet, tidak mungkin ada orang yang tidak online. Masyarakat yang melakukan transaksi E-commerce hanya perlu mengklik satu kali dari link tersebut. Nilai pasar yang ditawarkan pun lebih luas, baik dalam skala nasional maupun internasional.
Pengusaha bisa merancang pasar yang lebih besar karena jumlah penduduk Indonesia lebih dari 267 juta orang. Selain itu, pelanggan lebih mudah menemukan penjual yang menerima kartu kredit dan menawarkan harga lebih murah. Jika Anda memiliki pandangan positif atau negatif terhadap e- commerce, pikirkan bagaimana Anda dapat menangani hal kedua.
Meningkatkan Pendapatan dan mengurangi risiko biaya-biaya lainnya
yang Anda peroleh dan menurunkan risiko biaya lainnya. Dampak negatif dan positif dari e-commerce masih dibicarakan di berbagai tempat. Jika membandingkannya dengan bisnis tradisional yang harus mengeluarkan banyak biaya administrasi seperti gaji karyawan, biaya sewa toko, biaya iklan offline, dan sebagainya, orang yang menjalankan bisnis sendiri bisa menghasilkan lebih banyak uang. Jika Anda seorang pembeli di e-niaga, membeli barang secara online dapat menghemat uang untuk biaya perjalanan, waktu, dan tenaga.
Pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen
Hal baik tentang e – commerce adalah membantu bisnis terhubung dengan pelanggan dengan cara yang lebih baik. Geografi tidak mempengaruhi komunikasi antara penjual dan pembeli. Penjual tidak lagi terhambat oleh perantara dalam memantau pasar yang mereka tuju. Mata rantai pendapatan akan lebih singkat, dan konsumen tidak akan pasti merasa nyaman.
Kemudahan dan ketidaknyamanan belanja
Ada banyak dampak negatif pada e-commerce yang perlu mengawasinya. Saya rasa perlambatan e-commerce tidak akan bertambah buruk dengan permasalahan yang ada. Karena mudah dan fleksibel dalam melakukan pembelian, e-commerce menjadikan konsumen sangat produktif. Mereka tidak perlu pergi ke toko tradisional untuk membeli sesuatu karena mereka bisa membeli sesuatu secara online dari mana saja.
Tidak hanya dari segi fleksibilitas waktu, tetapi juga dari segi metode pembayaran, pelanggan dapat memilih untuk membayar dengan kartu debit, kartu kredit, dompet digital, atau yang lainnya. Sistem pembayaran yang sederhana dan jelas dapat menjadi tantangan tersendiri. Penggunaan transfer bank atau transaksi elektronik sebagai metode pembayaran memudahkan pemilik bisnis mendapatkan pembayaran dengan lebih cepat. Negatifnya, barang akan terkirim lebih cepat dan aman sampai ke rumah pelanggan.
Meningkatkan manajemen pemasok
Jika pemasok mendapat review atau testimoni yang baik dari pelanggan, kemungkinan besar mereka akan meningkatkan pelayanan dan sistem manajemennya. Ini akan membuat produk lebih cepat, dan inovasi produk selalu dilakukan. Pasalnya, pemasok e-commerce juga mulai bermunculan sehingga persaingan semakin ketat.
Dampak positif dan negatif e-commerce terhadap pemilik usaha kecil yang ingin mendapatkan akses pasar. Bisnis e-commerce menjadi cara bagi UMKM untuk menjalankan sayap perusahaan yang lebih besar. Manfaat tentang negara lebih besar karena bisa ikut serta dan menjalankan perekonomian negeri lebih baik.
Penutup: Dampak Positif E-Commerce
Di era modern ini, e-commerce telah menjadi cara terpenting untuk membeli sesuatu. Dampak negatifnya menyebar ke banyak bidang kehidupan, menciptakan peluang baru bagi individu, dunia usaha, dan bahkan perekonomian secara keseluruhan.
Bagi individu, e-commerce membuat belanja lebih mudah dan memberi mereka akses yang lebih baik terhadap berbagai macam barang. Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat menemukan produk yang Anda inginkan dari berbagai penjual di seluruh dunia dengan harga yang tidak menguras kantong.
RELATED POSTS
View all