Toko Raja ID

Bagian Pada AC Mobil

Juni 8, 2024 | by Minim Tokoraja

Bagian Pada AC Mobil

Pendahuluan: Bagian Pada AC Mobil

Tokoraja.id – Selain menarik, mempelajari komponen AC memungkinkan Anda mengetahui jika ada yang tidak berfungsi dan cara memperbaikinya.​​​​​ Berikut 10 Bagian Pada AC Mobil dan fungsinya.​​​​ Kita semua tahu pasti kalau AC mobil bisa menaikkan suhu kabin.​​​ Alternatifnya, setiap mobil keluaran yang ada di pasaran saat ini telah menjadikannya sebagai fitur standar. Namun, menurut Anda apakah AC mobil terdiri dari banyak bagian yang harus bekerja sama dan saling melengkapi?​​​​​​ Ya sangat banyak. Mari kita lihat 10 komponen AC mobil dan cara mereka tahu.

Adapun Bagian Pada AC Mobil

Fenon Merupakan Bagian Pada AC Mobil

Freon biasa menyebutnya sebagai “refrigeran”, Freon adalah komponen gas khusus dengan suhu dingin reguler. Jika membandingkannya dengan gas lainnya, Freon menjadi satu-satunya yang mampu mencapai suhu 0 derajat Celcius. Di sisi lain, Freon tahan terhadap radiasi panas yang bisa berguna saat mencari sumber panas pada bagian mesin.

Pada sistem pendingin udara, Freon biasanya hadir dalam beberapa tipe berbeda, seperti R12, R22, dan R134a. Menemukan paling banyak di atmosfer adalah Freon R134a yang tidak membahayakan lingkungan dan tidak dapat menghasilkan ozon, hal ini terkait dengan isu pemanasan global.​​

Kompresor AC

Bagian selanjutnya dari AC mobile adalah kompresor yang dapat menambahkan freon agar seluruh AC mobil dapat bekerja. Melalui fungsi lain untuk membuat molekul Freon lebih rapat. Jadi, bentuk pertama yaitu gas dapat menjadi muatan dan mempunyai tekanan lebih tinggi jika membandingkan bentuk kedua yaitu masukan.​​

Dalam prosesnya, kompresor AC mengandalkan motor yang berputar dengan sistem katrol. Pada pori-pori kompresor akan menghubungkan langsung dengan plat yang mempunyai beberapa lubang di dalamnya. Pada langkah selanjutnya, node akan bergerak menuju ​​piston, membuat piston bergerak ke arah belakang. Dalam hal ini Freon akan terlepas dan memompanya kembali dengan tekanan tinggi.​

Setelah proses selesai, nok akan menjauh dari piston karena terdapat pegas pengembali.​​​​ Akibat proses ini, Freon yang semula berada di area Tekanan Rendah akan berpindah ke area Piston.​​​​ Mulailah dengan yang berikutnya.

Magnetic Clutch

Ada juga bagian penting mesin AC yang orang menyebutnya dengan Clutch Magnetik. Kegunaannya adalah untuk mengatur waktu hidup kompresor pada saat mesin Pulley bekerja. Dalam kasus kompresor, jika berfungsi maka kadar freon akan naik. Bahkan ketika mematikan mesin, Freon akan lebih cepat terpakai.​​​

Khususnya ketika level Freon mencapai titik tertinggi, Clutch Magnetik harus mengubah titik sambungan antara kompresor dan katrol. Hal ini dilakukan agar kompresor tidak tahan​ bekerja, yang menurunkan risiko yang tidak dimaksudkan.

Thermostat

Selain Kopling Magnetik, Thermostat juga sangat penting untuk mengendalikan kompresor AC pada mobil. Jika Kopling Magnetik mengontrol waktu kerja kompresor, maka beda cerita dengan Thermostat. Dalam hal ini bekerja dengan cara mengirimkan kondisi suara dari dalam mobil secara otomatis ke kompresor. Dalam hal ini, sinyal yang diberikan justru dapat mengubah pola kerja kompresor AC.​​​

Kondensor

Tugas kondensor adalah mengubah gas Freon yang bertekanan tinggi menjadi cairan yang dapat dimasukkan ke dalam kompresor kemudian dikosongkan. Nantinya yang keluar dari proses ini akan membuatnya dengan menggunakan mesin kipas.

Filter Drier

Ada dua jenis filter pengering: Filter yang menghilangkan partikel halus selama proses dan filter yang menambah udara pada Freon. Sebentar lagi Freon yang sudah berubah menjadi awan akan berpindah ke​​ filter pengering dari filter kondensor. Namun perlu ditegaskan bahwa semua kendaraan ber-AC tidak memiliki Filter Pengering. Sebagai contoh, proses menunggu terbaik terdapat pada kondensor AC.​​​

Ekspansi Valve

Sebelum gas Freon yang bertekanan tinggi berpindah dari filter pengering menuju evaporator, maka akan melalui sesi ekspansi katup. Apa yang sedang terjadi? Ya, karena komponen AC mobile ini dapat mengubah jumlah Freon yang dapat dikirim ke evaporator berdasarkan kebutuhannya.​​​​​

Evaporator

Sebagai tugas utamanya, evaporator menyerap hawa dingin dari rangkaian proses lalu, kemudian menghembuskannya dengan Blower AC dan meneruskannya ke seluruh kabin mobil. Dalam hal ini Freon sebenarnya ingin menyambungkannya ke Core yang memiliki rangkaian kapasitor.

High & Low Pressure Switch

Ada dua hal dalam bidang keselamatan yaitu Saklar Tekanan Tinggi dan Saklar Tekanan Rendah. Keduanya merupakan bagian mekanis yang penciptanya merancangnya untuk menghentikan aliran gas freon.

​​Pada High Pressure Switch, motor AC dapat mematikannya bila terdeteksi tekanan lebih dari 450 Psi, dan aliran listrik yang belum sampai ke kompresor tidak dapat menggunakannya.​​​​​​​ Ini hanya pada Low Pressure Switch, bisa memberikan proteksi saat mendeteksi gas Freon yang kosong karena kehabisan atau kebocoran. Jika menentukan listrik aliran ke kompresor akan mati sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sistem Pengaturan Suhu

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat tombol power di setiap bagian AC ponsel Anda. Nah, ini berhubungan langsung dengan kelistrikan. Sehingga Anda bisa mengatur suhu dingin yang ingin disebarkan ke seluruh salah mobil. Input, Output, dan Control adalah tiga kelompok tingkat tentang sistem pengaturan suhu.

Blower Speed ​​Control, Blower Temperature Sensor, dan Ambient Air Temperature Sensor adalah contoh sistem output dengan nama fan motor control, motor blower control, atau kontrol kopling magnetik. Terakhir, kontrol yang terkenal adalah amplifier AC atau HVAC control module pada mobil-mobil terkini.

Cara Memasang AC Mobil

Secara tidak langsung, juga akan menjelaskan detail masing-masing komponen.​​ Berikut langkah-langkah untuk bekerja dengan ponsel AC.​

  • Setelah mematikan mesin, kompresor akan hidup dan mengubah Freon menjadi gas. Ini adalah Freon yang berisi gas yang ditekan dan molekulnya lebih rapat di kompresor.
  • Sebentar lagi freon akan mencapai kondensor dan berubah bentuk menjadi awan
  •  Selama proses tersebut, Freon cair akan mengirimkannya ke komponen Filter Dryer untuk mengisinya dan uap air akan tertambahkan.​​​
  • Tahap selanjutnya Freon akan masuk melalui katup ekspansi dan mengeluarkan ke evaporator.​​​​
  • Udara dingin yang dihasilkan oleh proses ini akan diserap oleh Evaporator. Kemudian ditiupkan ke seluruh bagian dalam mobil dengan menggunakan​​​sebuah peniup.
  • Setelah itu akan mencapai tahap awal dimana Freon dilepaskan kembali oleh kompresor dan mulai terulang kembali.​​​​

Penutup: Bagian Pada AC Mobil

AC mobil bukan sekadar kotak ajaib, melainkan gabungan 10 bagian penting yang bekerja sama menghasilkan kesejukan. Dari kompresor sebagai jantung, evaporator yang mendinginkan udara, hingga kondensor yang melepaskan panas, setiap bagian memiliki peran krusial. Memahami Bagian Pada AC Mobil ibarat membuka rahasia di balik kesejukan. Rawat dan jaga agar AC Anda selalu prima, siap menemani perjalanan Anda dengan kenyamanan yang tak terlupakan.

RELATED POSTS

View all

view all