Toko Raja ID

Motor Listrik

Agustus 13, 2024 | by Minim Tokoraja

Motor Listrik

Pendahuluan: Motor Listrik

Tokoraja.id – Mesin yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik merupakan motor listrik. Untuk menghasilkan gaya berupa torsi pada poros motor. Sebagian besar motor listrik menggunakan hubungan antara medan magnet motor dan arus listrik pada lilitan kawat. Dapat melihatnya dari cara kerjanya, generator listrik sama dengan mesin listrik. Satu-satunya perbedaan adalah ia mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Motor listrik dapat bergerak baik dengan arus searah (DC) maupun arus bolak-balik (AC). Daya DC berasal dari baterai atau penyearah, sedangkan daya AC berasal dari jaringan listrik, inverter, atau generator. Motor listrik dapat mengelompokkannya berdasarkan hal-hal seperti sumber tenaga, desain, penggunaan, dan jenis gerak yang ia hasilkan. Motor jenis ini dapat menyikat atau tidak, fluks satu fasa, dua fasa, atau tiga fasa, aksial dan radial, dan mendinginkannya dengan udara atau cairan.

Tenaga untuk industri berasal dari motor terstandar. Yang terbesar, dengan keluaran lebih dari 100 megawatt, yang gunanya untuk memindahkan kapal, menekan jaringan pipa, dan memompa air untuk penyimpanan. Kipas angin, blower, dan pompa yang pabrik gunakan, peralatan mesin, produk rumah tangga, perkakas listrik, mobil, dan disk drive hanyalah beberapa contohnya. Jam tangan listrik mungkin memiliki motor kecil di dalamnya. Motor listrik dapat menggunakannya kembali sebagai generator untuk mendapatkan kembali energi yang seharusnya hilang sebagai panas dan gesekan. Salah satu contohnya adalah penghentian regeneratif dengan motor traksi.

Motor listrik menghasilkan torsi, yaitu gaya linier atau melingkar yang memaksudkannya untuk menggerakkan sesuatu ke luar motor.​ Dengan cara ini, mereka adalah sejenis aktuator. Seringkali, mereka membuatnya berputar terus menerus atau bergerak secara linier dalam jarak yang jauh sesuai ukurannya. Solenoida juga dapat mengubah tenaga listrik menjadi gerak mekanis, namun hanya dapat melakukannya dalam jarak dekat.​

Sejarah

Kisah bagaimana listrik​​​ Motor Menjadi Motor Pertama Eksperimen elektromagnetik Faraday pada tahun 1821 merupakan bukti pertama bahwa energi listrik dapat mengubahnya menjadi gerak. Sebelum motor elektromagnetik saat ini membuatnya, para peneliti meneliti motor yang menggunakan gaya elektrostatis. Motor listrik pertama adalah mesin elektrostatis sederhana yang mengujinya pada tahun 1740-an oleh Andrew Gordon. Seorang biarawan Skotlandia, dan Benjamin Franklin, seorang ilmuwan Amerika. Hal ini berhasil karena teori yang merupakan hukum Coulomb, yang Henry Cavendish temukan pada tahun 1771 tetapi tidak mempublikasikannya. Hukum ini sendiri oleh Charles-Augustin de Coulomb temukan pada tahun 1785. Dia menerbitkannya, itulah asal mula namanya.​​ Karena sulit untuk menghasilkan tegangan tinggi yang motor elektrostatis butuhkan, motor tersebut tidak pernah menggunakannya dalam kehidupan nyata.

Menurut Alessandro Volta

Alessandro Volta menemukan baterai elektrokimia pada tahun 1799, yang memungkinkan menghasilkan arus listrik yang bertahan lama.​ Pada tahun 1820, Hans ChristianØrsted menemukan bahwa arus listrik dapat menimbulkan medan magnet, yang dapat mendorong magnet.​​ Hanya dalam beberapa minggu, André – Marie Ampère mengemukakan definisi formal pertama interaksi elektromagnetik dan mempresentasikan hukum gaya Ampère, yang menjelaskan bagaimana arus listrik dan medan magnet dapat berinteraksi untuk menciptakan gaya mekanik.​​ Michael Faraday adalah orang pertama yang menunjukkan efek dengan gerakan memutar. Dia melakukannya di ruang bawah tanah Royal Institution pada tanggal 3 September 1821. Ada genangan air raksa di atas kawat yang berayun bebas.

Sebuah magnet permanen (PM) kemudian memasangnya pada kawat. Kawat tersebut berputar mengelilingi magnet ketika mengalirkan arus listrik melaluinya.​​​ Hal ini menunjukkan bahwa arus menciptakan medan magnet dekat di sekitar kawat. Faraday menulis tentang temuannya di Quarterly Journal of Science dan mengirimkan salinan kertas dan model perangkatnya yang berukuran saku ke rekan kerjanya.di seluruh dunia sehingga mereka juga dapat melihat terjadinya rotasi elektromagnetik. Dalam studi fisika, motor ini sering menampilkannya menggunakan air garam sebagai pengganti merkuri, yang berbahaya. Roda Barlow merupakan penyempurnaan awal dari contoh Faraday, namun hingga akhir abad ini, roda ini dan motor homopolar lainnya tidak berguna dalam kehidupan nyata.

“Rotor mandiri elektromagnetik” oleh Jedlik, 1827 (Museum Seni Terapan, Budapest). Motor lama masih berfungsi dengan baik sekarang.

Museum Hunterian

Pada tahun 1827, ilmuwan Hongaria Ányos Jedlik mulai bermain- main dengan kumparan elektromagnetik. Ketika Jedlik menemukan komutator, dia mampu memecahkan masalah teknis pemintalan kontinu.​​​ Dia kemudian menyebut perangkat awalnya sebagai “rotor mandiri elektromagnetik “. Pada tahun 1828, Jedlik memamerkan perangkat pertama dengan tiga bagian utama motor DC sebenarnya: stator, rotor, dan komutato. Namun, mereka hanya menggunakannya untuk mengajar. Tidak ada magnet tetap di perangkat ;​ medan magnet pada bagian yang diam dan berputar berasal dari arus yang mengalir melalui lilitannya.​​

Motor yang Menggunakan

Pada tahun 1832, ilmuwan Inggris William Sturgeon menciptakan motor listrik DC komutator pertama yang dapat memutar mesin. Seorang insinyur Amerika bernama Thomas Davenport dan istrinya Emily membuat motor listrik arus searah tipe komutator setelah membaca tentang karya Sturgeon. Dia mematenkannya pada tahun 1837. Mesin tersebut dapat berputar hingga 600 kali per menit dan menggerakkan mesin cetak dan peralatan mesin. Motor tersebut tidak terjual dengan baik dan membuat Davenport gulung tikar karena daya baterai utama sangat mahal. Beberapa insinyur mengerjakan motor DC setelah Sturgeon, tetapi mereka semua mengalami masalah yang sama terkait biaya baterai. Saat itu, belum ada cara untuk mendistribusikan kekuasaan, jadi tidak ada pasar nyata untuk motor ini. 

Pada bulan Mei 1834, Moritz von Jacobi keturunan Prusia-Rusia membuat motor listrik berputar nyata yang pertama. Hal ini terjadi setelah banyak percobaan lain yang kurang lebih berhasil namun menggunakan mesin berputar dan bolak- balik yang relatif lemah. Hal itu menghasilkan tenaga keluaran motor yang banyak. Motornya mencetak rekor dunia, namun pada bulan September 1838, Jacobi membuatnya lebih cepat lagi. Motor keduanya cukup kuat untuk menggerakkan perahu dengan 14 orang di dalamnya melintasi sungai besar.​ Juga pada tahun 1839 dan 1840, insinyur lain mampu membuat motor yang bekerja dengan baik atau lebih baik.

Selama tahun 1827 dan 1828, Jedlik membuat mesin berguna yang bekerja dengan prinsip serupa dengan rotor listrik miliknya. Pada tahun yang sama, ia membuat model mobil listrik.

Motor yang Menggunakan

Pada tahun 1824, ilmuwan Prancis Francois Arago mengusulkan bahwa medan magnet dapat berputar. Dia menyebut bidang ini “rotasi Arago”. Pada tahun 1879, Walter Baily menunjukkan bahwa putaran ini dapat digunakan untuk membuat motor induksi primitif pertama dengan menyalakan dan mematikan saklar secara manual. Pada tahun 1880-an, banyak penemu bekerja keras untuk membuat motor AC yang dapat berfungsi. Hal ini karena AC lebih baik dalam mengirimkan daya tinggi dalam jarak jauh, namun motor tidak dapat berjalan dengan AC.

Dan pada tahun 1885, Galileo Ferraris membuat motor induksi tanpa komutator arus bolak-balik pertama. Pada tahun 1886, Ferrari membuat pengaturan yang lebih baik untuk desain pertamanya, yang menjadikannya lebih baik. Royal Academy of Science of Turin menerbitkan penelitian Ferrari tentang dasar – dasar cara kerja motor pada tahun 1888. Pada saat itu, mereka sampai pada kesimpulan bahwa “peralatan yang didasarkan pada prinsip tersebut tidak mungkin memiliki kepentingan komersial seperti motor.” 

Penutup: Motor Listrik

Di tengah perubahan teknologi yang pesat, Motor Listrik muncul sebagai solusi cerdas untuk kebutuhan transportasi masa depan. Pertama-tama, mari kita ungkap alasan mengapa motor listrik semakin menjadi pilihan utama di berbagai belahan dunia. Selanjutnya, kita akan mengeksplorasi kelebihan dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi ini, termasuk efisiensi energi dan dampak positifnya terhadap lingkungan. Tak hanya itu, perkembangan terbaru dalam desain dan performa motor listrik juga akan kita bahas, menunjukkan bagaimana inovasi ini mengubah cara kita berpikir tentang mobilitas. Dengan demikian, mari kita mulai perjalanan ini untuk memahami lebih dalam bagaimana Motor Listrik dapat merevolusi pengalaman berkendara Anda dan berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan.

RELATED POSTS

View all

view all